Selasa, 06 Mei 2014

Cara Pembuatan Bokashi Kotoran Sapi

Pada tulisan sebelumnya tentang "Pembuatan Bokashi Kotoran Sapi" sudah dijelaskan bahwa KWT Mawar bersama-sama dengan Penyuluh Pertanian dan Mahasiswa PKL dari STPP Malang telah melakukan kegiatan pembuatan bokashi dari kotoran sapi. Yang menjadi berbeda dari pembuatan bokashi pada umumnya adalah penggunaan Aktivator. Sehingga pembuatan bokashi yang sudah kami buat hanya membutuhkan waktu 3 (tiga) hari untuk menghasilkan Bokashi yang siap digunakan.



Berikut ini langkah-langkah pembuatan bokashi yang sudah kami kerjakan : 

Langkah Pertama :
Siapkan alat dan bahan sebagai berikut :
A.    Alat
Alat yang diperlukan : Gembor, pacul/sekop, ember, karung goni/jerami
B.    Bahan
Bahan yang diperlukan untuk membuat 1 ton bokashi
-  Pupuk kandang, 900 kg
-  Sekam padi, 90 kg
-  Dedak, 10 kg
-  Aktivator (Super Degra), 1 liter
-  Air secukupnya, kurang lebih 10 liter

Langkah Kedua :
Taburkan pupuk kandang diatas terpal atau lantai, kemudian campur dengan sekam. Aduk sampai pupuk kandang dan sekam tercampur secara merata menggunakan cangkul/sekop. Adonan sudah siap.

Langkah Ketiga :
Larutkan 1 liter aktivator “Super Degra” kedalam 10 liter air. Gunakan ember untuk mencampur. Jika sudah tercampur, masukkan larutan tersebut kedalam gembor

Langkah Keempat :
Siramkan larutan Super Degra keatas adonan/campuran. Pada saat menyiram larutan, adonan harus dibolak balik menggunakan sekop/cangkul agar larutan Super Degra dapat tercampur dengan adonan secara merata.
Untuk mengetahui adonan dan larutan sudah cukup tercampur, ambil adonan menggunakan tangan lalu dikepal, Jika dikepal, adonan tidak mengeluarkan air dan jika kepalan dilepaskan, adonan tidak mudah hancur. Jika belum, bisa ditambahkan air secukupnya.

Langkah Kelima :
Buat lapisan adonan yang sudah disiram larutan Super Degra tersebut diatas lantai atau terpal dengan ketebalan maksimal 60 cm. Tiap lapisan maksimal 20 cm. Pada bagian atas setiap lapisan ditaburkan dengan dedak lalu disiram dengan larutan Super Degra. Begitu seterusnya sampai pada lapisan terakhir. Jangan lupa pada lapisan terakhir (bagian paling atas lapisan) tetap ditaburkan dedak dan disiram dengan larutan Super Degra

Langkah Keenam :
Jika lapisan sudah selesai dibuat, tutup seluruh lapisan menggunakan karung goni atau jerami. Lalu diamkan selama 3-4 hari (biasanya 3 hari Bokashi sudah siap digunakan).

Jangan lupa untuk memeriksa keesokan harinya (1 hari sesudahnya) dengan cara memasukkan tangan kedalam lapisan adonan. Jika terasa panas, berarti proses fermentasi berjalan dengan baik. Namun, jika masih tetap dingin berarti prosesnya tidak berjalan dan kemungkinan besar tidak akan menjadi Bokashi.
Pada hari ketiga, silahkan buka penutup adonan dan biarkan seluruh adonan sampai menjadi dingin (diangin-anginkan). Bila perlu saat membuka penutup, adonan dibolak-balik. Jika seluruh adonan sudah  menjadi dingin, berarti Bokashi sudah siap digunakan sebagai media tanam. Sebaiknya Bokashi digunakan untuk campuran media, setelah 2 hari mengalami pendinginan.

Jumlah bahan yang disajikan diatas adalah untuk membuat Bokashi sebanyak 1 ton. Jika ingin membuat Bokashi dibawah 1 ton atau lebih dari 1 ton, silahkan sesuai jumlah bahannya dengan perbandingan yang sesuai.
Demikian, semoga bermanfaat. (By. Muliadin)

1 komentar: